Naturalisasi




Setelah sekian lama blog ini di anggurin akhirnya ada waktu juga buat bikin post lagi :D, maklum sibuk ngampus pak ..., oke kali ini kita akan bahas mengenai Naturalisasi,

Apa sih Naturalisasi itu ? , sudah tidak asing lagi bukan, pasti kalian sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan Naturalisasi itu, Namun sebagian besar dari kalian hanya tau bahwa Naturalisasi itu adalah Proses perpindahan status kewarganegaraan seorang pemain bola, hahaha .. soalnya jujur aja pertama kali saya mendengar kata Naturalisasi itu saat Irfan Bachdim sedang naik daun pak :D, oke kita lanjut lagi, Naturalisasi yang sebenarnya Proses perubahan status dari penduduk asing menjadi warga negara di suatu negara (Sumber dari wiki pak). Untuk mendapatkan Naturalisasi ini tentunya tidak mudah, orang yang bersangkutan tersebut harus terlebih dahulu memenuhu beberapa persyaratan yang ditentukan dalam peraturan kewarganegaraan di negara yang bersangkutan, karena Hukum kewarganegaraan di setiap Negara berbeda beda, di Indonesia hukum yang menyangkut Kewarganegaraan ini diatur dalam Undang Undang No. 12 Tahun 2016.

Adapun faktor - faktor yang menyebabkan seseorang melakukan Naturalisasi adalah sebagai berikut :

1.Motif Ekonomi
2.Keamanan dan Keselamatan
3.Keluarga dan Keturunan
4.Kesehatan


5.Transaksional Politis

Di Indonesia ada 2 macam jenis Naturalisasi yaitu :

a. Naturalisasi Biasa
    yaitu proses Naturalisasi dengan mengikuti syarat syarat tertentu, diantaranya :


  1. Telah berusia 21 Tahun
  2. Lahir di wilayah RI / bertempat tinggal yang paling akhir min. 5 thn berturut-turut atau 10 tahun tidak berturut-turut
  3. Apabila ia seorang laki-laki yg sdh kawin, ia perlu mendpt persetujuan istrinya
  4. Dapat berbahasa Indonesia
  5. Sehat jasmani & rokhani
  6. Bersedia membayar kepada kas negara uang sejumlah Rp.500 sampai 10.000 bergantung kepada penghasilan setiap bulan
  7. Mempunyai mata pencaharian tetap
  8. Tidak mempunyai kewarganegaraan lain apabila ia memperoleh kewarganegaraan atau kehilangan kewarganegaraan RI

b. Naturalisasi Istimewa
    Naturalisasi ini dapat diberikan bagi mereka (warga asing) yang telah berjasa kepada negara RI dengan penyataan sendiri (permohonan) untuk menjadi WNI, atau dapat diminta oleh negara RI.
"IISTIIMEEWA" (Gaya Cerrybelle) yaelah pak, hahaha ... 

Naturalisasi istimewa di negara RI dapat diberikan kepada warga negara asing yang status kewarganegaraannya dalam kondisi sebagai berikut:
  1. Anak WNI yang lahir di luar perkawinan yang sah, belum berusia 18 tahun atau belum kawin diakui secara sah oleh ayahnya yang berkewarganegaraan asing.
  2. Anak WNI yang belum berusia 5 tahun meskipun telah secara sah sebagai anak oleh WNA berdasarkan penetapan pengadilan, tetap sebagai WNI
  3. Perkawinan WNI dengan WNA, baik sah maupun tidak sah dan diakui orang tuanya yang WNI, atau perkawinan yang melahirkan anak di wilayah RI meskipun status kewarganegaraan orang tuanya tidak jelas berakibat anak berkewarganegaraan ganda hingga usia 18 tahun atau sudah kawin.
  4. Pernyataan untuk memilih kewarganegaraan dibuat secara tertulis dan disampaikan kepada pejabat dengan melampirkan dokumen sebagaimana ditentukan di dalam perundang-undangan.
  5. Pernyataan untuk memilih kewarganegaraan disampaikan dalam waktu paling lambat 3 tahun setelah anak berusia 18 tahun atau sudah kawin.
  6. Warga asing yang telah berjasa kepada negara RI dengan pernyataan sendiri (permohonan) untuk menjadi warga negara RI, atau dapat di minta oleh negara RI, kemudian mereka mengucapkan janji setia dan sumpah (tidak perlu memenuhi semua syarat sebagaimana dalam naturalisasi biasa). Cara ini diberikan oleh Presiden dengan persetujuan DPR.

Salah satu contoh Naturalisasi yaitu pemain sepak bola Christian Gonzalez yang berasal dari Uruguay telah menikah dengan wanita yang berasal dari warga Negara Indonesia yaitu Eva Nurida Siregar, karena Christian Gonzalez ini tinggal di Indonesia bersama sang istri maka Christian Gonzales pindah kewarganegaraan yang tadinya WNA menjadi WNI. Itulah yang dimaksud Naturalisasi pak.


Demikian dan sekian pembahasan dari saya mengenai Naturalisasi ini, semoga dapat bermanfaat bagi kalian , Tongkrongin terus blog saya pak, dan tunggu postingan postingan menarik berikutnya :D




Sumber besar : Wikipedia



Previous
Next Post »